Diet & Detox

Inilah Penyebab Perut Buncit Yang Perlu Diketahui

Inilah Penyebab Perut Buncit

Inilah Penyebab Perut Buncit. Menurut wikipedia perut buncit atau perut gendut, dikenal dengan nama klinis obesitas abdominal atau obesitas sentral adalah kumpulan lemak abdominal berlebih yang terdapat di daerah abdomen.

Perut buncit adalah menjadi pertanda terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh bagian perut atau lingkar pinggang. Dan bisa terjadi pada semua orang, baik pria maupun wanita.

Perut buncit bukan sekedar penumpukan lemak , karena :

  • Bisa menjadi salah satu hal yang mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.
  • Dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, stroke dll

Perut buncit tidak selalu identik dengan kegemukan. Faktanya, perut buncit tidak hanya ditemukan pada orang yang memiliki berat badan berlebih, namun juga dapat ditemukan pada orang yang memiliki berat badan ideal dan orang yang bertubuh kurus.

Sistem metabolisme yang tidak maksimal mengakibatkan sampah metabolisme tidak bisa dibuang secara alami. Jika , kondisi ini terus dibiarkan maka perut akan menjadi semacam tong sampah. Dan terjadilah perut buncit.

Oleh sebab itu, perut buncit tidak boleh disepelekan. Ada banyak faktor penyebabnya, mulai dari hormon dalam tubuh hingga kebiasaan sehari-hari yang tak disadari.
Yuks cari tahu berbagai faktor penyebab perut buncit dan cara ampuh mengatasinya. Inilah beberapa penyebab perut buncit :

  1. STRESS
    Pada saat seseorang mengalami stress, nafsu makan cenderung akan meningkat terutama makan makanan manis dan tinggi lemak. Sehingga menyebabkan penumpukan lemak berlebih di perut.
    Selain itu, adanya hormon kortisol meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemak. Tingginya kadar kortisol sering dikaitkan dengan meningkatnya lemak perut.
  2. MALAS BEROLAHRAGA.
    Setiap hari kita mengkonsumsi makanan dengan sejumlah kalori. Aktivitas fisik atau olahraga diperlukan untuk membakar lemak atau merubah kalori menjadi energi. Kurangnya aktivitas fisik akan mengakibatkan penumpukan lemak terutama di sekitar perut.
  3. KURANG TIDUR
    Berbagai penelitian menemukan fakta kurang tidur dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, hingga berpengaruh pada penumpukan lemak visceral. Lemak visceral atau lemak intra abdomen ialah lemak yang tertimbun di bawah otot, dan mengelilingi organ vital, termasuk di perut buncit.
    Jadi bila kamu tidur kurang dari 6 jam setiap malam, maka jangan heran jika peluang untuk lemak menumpuk semakin besar yang memicu perut jadi buncit.
  4. KONSUMSI ALKOHOL BERLEBIHAN
    Konsumsi alkohol akan meningkatkan asupan glukosa yang tidak dibutuhkan   tubuh sehingga memicu lemak menumpuk di perut. Ketika mengonsumsi minuman beralkohol, maka neuron otak akan meningkatkan aktivitasnya yang berhubungan dengan rasa lapar.
    Inilah yang membuat para pemabuk berat cenderung mempunyai perut yang buncit dan kelebihan berat badan.
  5. HORMON.
    Seiring bertambahknya usia akan membuat berkurangnya hormon testoteron dan menurunkkan metabolisme tubuh mengolah kalori. Itu sebabnya jika seseorang kelebihan lemak, maka lemak akan langsung terkumpul ke bagian perut, yang menjadi penyebab perut buncit. Bagi seorang pria lebih rentan mempunyai perut buncit pada usia di atas 40 tahun. Sementara itu wanita, lemak lebih banyak bertumpuk di bagian pinggul dan paha.

Bagaimana solusi untuk mengecilkan perut buncit ?

Cara terbaik untuk mengecilkan dan meratakan perut buncit, adalah dengan detoksifikasi.
Detoksifikasi dilakukan dengan konsumsi asupan kaya nutrisi yang berfungsi untuk membakar lemak, membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Hasil akhirnya adalah tubuh sehat bugar, BONUSNYA berat badan turun menjadi ideal.

BACA JUGA :
Manfaat Detoksifikasi Bagi Kesehatan Tubuh 

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *