Diet & Detox

Tanda-tanda tubuh memerlukan Detoksifikasi

Tanda Tanda Tubuh Perlu Detoksifikasi

Tanda Tubuh Perlu Detoksifikasi

Tanda Tanda Tubuh Perlu Detoksifikasi. Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Detoks sudah sejak lama dipercaya oleh nenek moyang kita untuk menjaga kesehatan.

Secara alami tubuh mempunyai kemampuan untuk melakukan detoksifikasi melalui proses keringat, urin dan bab. Gaya hidup tidak sehat, stress, kondisi lingkungan tidak sehat mengakibatkan proses detoksifikasi alami tubuh tidak bisa maksimal. Akibatnya terjadi penumpukan racun berbahaya atau toksin dalam tubuh. Dan dapat menimbulkan barbagai macam gangguan kesehatan dan kegemukan.

Kenapa sih harus melakukan detox ?
Alasan kenapa harus melakukan detoksifikasi. Karena racun atau toksin yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan dan kegemukan.

Yuks mulai hidup sehat ,,,, dengan melakukan detoksifikasi secara berkala.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan detoks ?
Idealnya detox dilakukan secara berkala, sesuai kondisi tubuh. Detoks dapa dilakukan ketika tubuh merasa sehat ataupun ketika mulai muncul gangguan kesehatan.

Berikut ini tanda-tanda tubuh perlu detoksifikasi :

  1. Tubuh mudah Kecapekan.
    Sudah istirahat dan tidur yang cukup tapi masih saja merasa capek? Bisa jadi penyebabnya karena banyaknya racun di dalam tubuh. Hasil penelitian yang dirilis Science of Total Environment, menemukan adanya hubungan antara kelelahan kronis dengan paparan racun yang ada di lingkungan, seperti logam, pestisida, dan pelarut. Penelitian mengungkap, ginjal dan hati yang telah terbebani racun harus bekerja ekstra membuang limbah dari racun tersebut. Namun, beban kerja ginjal yang terlalu berat pada akhirnya menyebabkan kelelahan akibat tubuh kurang energi.
    Penumpukan racun yang terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan adrenal yang membuat tubuh jadi terus menerus merasa capek dan mengantuk. Bahkan hal ini terjadi ketika kalian sudah beristirahat dengan cukup.
  2. Kenaikan Berat Badan – Berat Badan Gampang Naik.
    Berat badan naik terus termasuk salah satu tanda awal gangguan metabolisme yang harus diatasi segera. Gangguan metabolisme, mengakibatkan makanan yang dikonsumsi tidak dapat diubah menjadi energi, sehingga menimbulkan penumpukan lemak.
    Selain itu berat badan yang terus naik juga menandakan adanya kelebihan racun di tubuhmu. Hal ini disebabkan banyaknya racun bersifat lipofilik yang biasanya berada dalam lemak tubuh. Racun lipofilik mengandung pestisida dan dioksin yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel lemak untuk menyimpan lebih banyak racun di dalamnya. Ini membuat berat badan terus bertambah.
  3. Susah Buang Air Besar – BAB tidak lancar.
    BAB adalah salah satu bentuk detoksifikasi tubuh secara alami. Gangguan BAB akan menambah penumpukan racun dalam tubuh. Gangguan BAB dapat disebabkan oleh :
    a. Tubuh kekurangan serta, vitamin, mineral dan anti anti aoksidan
    b. Adanya penumpukan racun dalam tubuh yang mengganggu metabolisme tubuh.
  4. Nyeri Otot.
    Sistem saraf dan otot kita membutuhkan banyak nutrisi untuk dapat berfungsi optimal. Kurang nutrisi seperti vitamin dan mineral akan membuat otot mudah pegal atau lelah, dan saraf gampang kesemutan atau baal. Nutrisi yang lengkap dan mudah dicerna akan sangat membantu kerja saraf dan otot tetap maksimal.
  5. Gangguan Tidur – Insomnia.
    Kekurangan mineral, salah satunya magnesium dapat menyebabkan susah tidur atau insomnia. Magnesium membantu menenangkan sistem saraf dan otot supaya tidur menjadi mudah dan nyenyak. 
    Selain membantu tidur, magnesium juga dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi.
    Selain itu, racun dalam tubuh juga dapat mengurangi tingkat hormon metatonin. Ketika melatonin menurun maka kalian akan beresiko untuk terkena insomnia.
  6. Masalah kulit.
    Kulit juga mengeluarkan racun dari tubuh yang menyebabkan banyak kondisi kulit. Jika organ utama penawar racun tidak bekerja dengan efektif, maka kulit akan masuk untuk membantu. Kulit kemudian mencoba untuk membantu menghilangkan racun dengan membiarkan racun keluar sebagai ruam kulit atau kondisi kulit lainnya.
  7. Lidah Berwarna Putih Atau Kuning.
    Lidah seseorang yang sehat akan berwarna normal yakni merah muda atau merah cerah. Jika kalian memiliki lidah berubah berwarna putih atau kuning, itu menandakan tubuh kalian membutuhkan detoksifikasi karena racun yang menumpuk. Biasanya tanda tersebut juga disertai dengan bau mulut.
  8. Sakit kepala yang tidak tahu penyebabnya. Ada yang merasa sakit kepala terus-menerus dan tidak tahu apa penyebabnya? Bisa jadi itu adalah tanda bahwa tingkat toksisitas dalam tubuhmu cukup tinggi. Racun dapat memengaruhi otak, misalnya aspartam (pemanis buatan) dan monosodium glutamate (MSG). Keduanya jika dikonsumsi berlebih dan menumpuk di tubuh bisa menyebabkan sakit kepala yang persisten.
  9. Sering Merasakan Sakit kepala.
    Sakit kepala kronis dan sering merupakan gejala penumpukan racun dalam tubuh. Penyebab dari sakit kepala kronis dan migrain adalah retensi racun atau iritasi jaringan dalam sistem saraf pusat.
    Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung MSG, pengawet, pewarna dan aspartam (pemanis sinsetis) bisa jadi penyebab sakit kepala. Nah, untuk mengatasinya, kalian perlu melakukan puasa terhadap makanan yang mengandung senyawa tersebut. Jangan lupa juga berolahraga, ya.
  10. Bau Badan tidak sedap.
    Aroma bau badan tidak sedap seperti bau mulut, bau kentut, atau bau badan, bisa menjadi tanda bahwa tubuh dipenuhi racun. Sebab, tubuh memproduksi gas, dan bau merupakan hasil metabolisme serta penguraian dari semua yang kita konsumsi, hirup, atau terpapar. Bau badan yang tidak sedap, bau mulut, dan air seni menjadi tanda bahwa tubuh tengah berusaha membuang racun.
  11. Perubahan Suasana Hati.
    Jika Anda mengalami perubahan suasana hati sepanjang hari, ini adalah tanda bahwa ada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda. Racun seperti xenoestrogens menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi kedua jenis kelamin. Xenoestrogen adalah campuran sintetis hormon yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh. Xenoestrogens biasanya ditemukan dalam senyawa industri seperti phthalates, BPA dan PCB. Menghindari penggunaan plastik, terutama di dapur, dapat mengurangi kadar xenoestrogen dalam tubuh.
    Ternyata …. Racun dalam tubuh juga mempengaruhi suasana hati, lho.

Jika Anda mengaalami tanda-tanda seperti diatas, segera lakukan detoksifikasi. Jangan tunggu sakit.

Tanda Tubuh Perlu Detoksifikasi

Demikian semoga bermanfaat.
Dan Anda yang membacanya selalu di berikan kemudahan dan kesehatan. Amin.

BACA JUGA :
Diet Sehat Smart Detox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *